Teknologi Informasi

Informasi handphone, laptop, tablet, kamera, otomotif dan artikel teknologi terbaru

Artikel Terbaru Mengenai Bisnis Online di Internet 2014


Artikel terbaru bisnis online di internet 2014 - Ekonomi merupakan pilar penting sebagai penunjang kelangsungan hidup suatu bangsa. Aspek ini sering dijadikan menu utama dalam melihat sebuah status. Di berbagai ruang-lingkup, status ekonomi menjadi isu populer yang secara umum pengaplikasiannya dapat terlihat dari kemampuan dalam memenuhi semua kebutuhan. Pengertian ini berlaku pada tataran keluarga maupun sekup yang lebih besar seperti sebuah organisasi. Pembahasannya sering dikait-kaitkan dengan pendapatan serta pengeluaran lengkap disertai data statistiknya.

Indonesia adalah negara dengan tingkat pertumbuhan ekonominya cukup positif. Fenomena yang nampak saat ini seperti gaya hidup masyarakat nan glamour mengarah pada konsumerisme, bertambahnya populasi usaha kecil menengah (UKM) serta prosentase peningkatan ekonomi menunjukkan angka yang stabil. Bahkan, saat badai krisis mendera bisnis global beberapa tahun yang silam kita sanggup bertahan. Walau tak semuanya indah namun kita patut bersyukur ada trend perubahan ke arah yang lebih baik. Pada sisi lain kita akan menemui cerita klasik yang selalu menarik untuk dicermati. Selain juga menjemukan karena sedari dulu telah ada, turun-temurun dan kini kian kompleks problematikanya. Apa lagi kalau bukan pengangguran? Masalah yang hampir pasti mengemuka di setiap waktu pemerintahan kita berjalan. Secara umum problem ini muncul akibat kurang-maksimalnya sistem untuk menyediakan atau menyerap angkatan kerja yang ada. Sejatinya, pada era informasi seperti sekarang ini telah tersedia banyak ruang dan kesempatan. Dalam kaitannya dengan lapangan pekerjaan, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat hidup makmur serta berkecukupan. Untuk selanjutnya pembahasan akan kita pertajam sesuai tema artikel terbaru bisnis online di internet 2014 kali ini.

Artikel mengenai bisnis online internet

Dunia usaha memang tidak segampang yang kita angan-angankan. Ibarat anak yang sedang latihan berjalan seringkali harus jatuh untuk kemudian bangun lagi, berulang-ulang sampai akhirnya mahir untuk berjalan. Begitu juga dalam dunia bisnis, perniagaan atau serangkaian proses jual-beli produk baik berupa barang ataupun jasa, semua perlu proses. Dalam perjalanannya pasti menemui berbagai kondisi dan situasi yang akan menempa si pelaku untuk menjadikannya lebih kebal dan siap akan potensi masalah yang bisa muncul. Namun tak sedikit pula yang mundur, putus-asa dan berhenti tatkala mengalami sebuah problema dalam bisnis seraya menganggap bahwa semuanya sudah habis. Bisa jadi pesimisme semacam ini timbul karena memang minimnya pengetahuan dalam berwirausaha. Kembali ke topik kita, bahwa semua orang berhak untuk sukses. Jika sebelumnya kita hanya terpaku cara-cara konvensional (biasa-biasa saja), maka perlu perubahan pola pikir, termasuk juga revolusi dalam berbisnis. Telah banyak bahkan berjibun, artikel terbaru bisnis online di internet 2014 yang bertebaran. Kenapa kita tidak mencobanya?

Setidaknya kita pernah mencoba meskipun gagal daripada tidak pernah sama-sekali. Terlebih lagi, justru kegagalan itulah akan menjadi modal sangat berharga bagi kita untuk bangkit lagi. Bukankah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda? Artinya kita dapat belajar dari kegagalan tersebut untuk kemudian memulai berbisnis kembali. Artikel terbaru tentang bisnis online di internet 2014 ini sengaja diterbitkan untuk sekedar berbagi wawasan, dengan harapan dapat di ambil manfaatnya, terutama untuk Anda calon-calon pengusaha masa depan.

Secara sederhana, apa pengertian "bisnis online" itu? Sesuai kalimatnya kita sudah bisa menerka atau mengira-ira.

Pengertian bisnis online adalah: Serangkaian usaha atau cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan berbagai media online di internet.

Jenis-jenis Bisnis Online
Secara garis besar bisnis online, internet marketing atau mencari uang lewat internet ini dapat dkelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Bisnis Online Kreasi Produk
Merupakan berbagai jenis bisnis online yang dalam praktiknya memasarkan produk yang berasal dari hasil ciptaan (produksi) kita sendiri. Dengan begitu keuntungan yang diperoleh seluruhnya akan masuk ke kantong kita.

Contoh bisnis online kreasi produk
Produk berupa jasa : Jual jasa site building, Jasa mengelola website, Jual-beli saldo PayPal
Produk berupa barang : Semua jenis toko online (online shop) yang menjual barang fisik baik baru ataupun bekas (second) seperti Jual tas, Gadget, Handphone, Laptop, Butik online, menjual aksesoris tertentu, dll

2. Bisnis Online Afiliasi Produk
Afiliasi disini mengandung maksud bahwa kita sebagai pelaku yang memasarkan produk orang lain lewat fasilitas online di internet. Baik barang maupun jasa, produk-produk tersebut bukan ciptaan kita sendiri. Kita akan mendapatkan income sekian persen dari item yang berhasil kita jual, dimana besarnya pendapatan akan sesuai perjanjian dengan pemilik produk.

Contoh bisnis online afiliasi produk
PPS (Pay Per Sale), PTC (Paid to Click), PPC (Pay Per Click), PPL (Pay Per Lead), PPE (Pay Per Email) dan lain-lain

Alat Pembayaran pada Bisnis Online
Mengenai jenis pembayaran saat melakukan transaksi bisnis online, secara umum yang selama ini sering dipakai terdapat dua macam yakni via transfer uang di bank konvensional dalam satuan rupiah, atau melalui alat pembayaran online yang lazim menggunakan satuan dollar. Di Indonesia sendiri bank yang telah mendukung transfer uang dan biasa digunakan adalah BCA, Mandiri, BRI dll. Sedangkan jenis pembayaran online yang populer digunakan para online marketer sampai saat ini yaitu PayPal, Payza, Payoneer dll. Untuk perdagangan lintas negara (global) biasanya akan memakai opsi pembayaran yang kedua (online), namun begitu tergantung juga dengan kesepakatan di awal sebelum transaksi.

Kelebihan serta Keuntungan Bisnis Online bila dibandingkan Bisnis Offline
  • Jumlah modal yang dibutuhkan lebih sedikit dibanding bisnis offline dimana kita harus mempersiapkan segala-sesuatu dalam bentuk fisik seperti tempat usaha, kendaraan, papan reklame dsb
  • Praktis serta mudah dijalankan kapan saja, dimana saja dan lewat apa saja. Kaitannya dengan poin terakhir kita bisa menggunakan berbagai perangkat untuk mengakses internet seperti komputer maupun perangkat genggam yakni handphone dan tablet
  • Hemat waktu dan uang dimana kita tidak harus berhadapan langsung dengan calon pembeli. Hal ini karena semua proses dari penawaran produk, negoisasi sampai transaksi pembayaran sepenuhnya dilakukan secara online
  • Metode bisnis secara online menawarkan kebebasan waktu bagi para pelakunya. Anda tak akan terikat oleh waktu dan bisa bebas mengatur jadwal sesuka Anda. Bandingkan dengan jualan offline di daratan yang semua serba kaku serta harus selalu berada di tempat usaha. Hal ini sekaligus menjadi kelemahan dari bisnis offline bila dibandingkan dengan online
  • Data statistik mengatakan bahwa pengakses internet kian hari kian bertambah banyak jumlahnya. Trafik ini berlaku baik secara global maupun di negara kita sendiri. Selain itu, promosi bisnis melalui internet mempunyai keunggulan tersendiri dimana kita tak akan terbatas oleh satu segmen saja. Meski para pemasar cenderung menyukai segmen tertarget namun dimungkinkan mendapatkan sales dari semua segmen yang ada di masyarakat