Teknologi Informasi

Informasi handphone, laptop, tablet, kamera, otomotif dan artikel teknologi terbaru

Pengertian, Jenis-jenis dan contoh Artikel Terbaru


Pengertian, jenis-jenis dan contoh artikel terbaru - Membaca adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Dari kebiasaan kecil sehari-hari seperti membaca SMS, koran atau majalah, penunjuk lalu-lintas saat berada di jalanan maupun yang sifatnya formal seperti proses belajar-mengajar di sekolahan atau di kantor tempat kita bekerja mencari nafkah, semua tidak luput dari aktifitas yang satu ini. Tak harus menjadi pelajar di institusi formal karena siapapun orangnya, apapun latar-belakang orang tersebut semua kini dapat menikmatinya, kapan saja dan dimana saja. Sejalan dengan program pemerintah, kini dapat kita temui kelompok-kelompok belajar di jalanan (informal) dengan mentor ahli yang mengkhususkan pada pelajaran membaca. Cukup ironis memang, sebuah negara besar yang telah merdeka puluhan tahun yang lalu masih saja terdapat banyak dari rakyatnya yang belum bisa melakukan aktifitas penting nan vital, sebagai pintu gerbang utama ilmu pengetahuan dan informasi saat ini.

Selain keterbatasan biaya untuk mengenyam pendidikan formal, tidak-adanya waktu dan kesempatan untuk belajar itu sendiri adalah penyebab yang paling sering dikeluhkan. Berbagai kebijakan telah digulirkan oleh pemerintah dan kita patut untuk mengapresiasi, semoga program-program pemerintah untuk memberantas buta huruf ini dapat berjalan efektif, secepatnya dan sesuai target yang ingin dicapai. Negara bertanggung-jawab penuh untuk menyiapkan generasi yang unggul di semua bidang, dengan memperluas wawasan masyarakat yang salah-satunya ditempuh melalui gerakan membaca. Apapun tema artikelnya bila dirasa penting maka kita perlu menyerap informasi di dalam artikel tersebut, yang selanjutnya akan kita bahas lebih lanjut dalam tema pengertian, jenis-jenis dan contoh artikel terbaru kali ini.

Para pembaca sekalian, pada era modern seperti sekarang ini beragam media informasi telah tersedia disekeliling kita. Baik cetak, elektronik maupun online, masing-masing hadir untuk saling melengkapi kebutuhan kita akan informasi yang segar serta up to date. Internet sendiri sebagai media penyampai berita online menawarkan berbagai kemudahan yang eksistensinya kian hari kian populer. Bayangkan saja, dengan hanya mengetikkan kata kunci di mesin pencari taruhlah seperti Google, kemudian akan muncul di hasil pencarian situs-situs pilihan yang memuat artikel sesuai dengan topik yang diketikkan tadi. Sangat mudah dan praktis. Alat yang dibutuhkan juga semakin variatif karena kini kita bisa mengakses internet melalui perangkat berbasis ponsel, baik handphone ataupun tablet di genggaman kita yang artinya bisa dilakukan dimana saja asal wilayah tempat kita berada saat itu telah tercover jaringan internet. Lewat media ini berbagai jenis artikel dapat kita temukan dengan mudah dan cepat.

Pengertian definisi contoh artikel

Namun, dunia luar tak seindah yang kita bayangkan. Dalam perkembangannya berbagai jenis artikel yang kita jumpai tersebut kerap mengandung pesan-pesan tertentu. Entah jenis media cetak, elektronik maupun saat mengakses berita di internet, seringkali kita temui kalimat-kalimat dalam artikel yang bernada marjinal, provokatif serta menggiring opini pembaca kepada kesimpulan yang di inginkan oleh si penulis (redaktur) dari media bersangkutan. Fenomena tersebut memang tak bisa lepas dari era keterbukaan saat ini dimana semua orang mempunyai hak yang sama, baik saat mengakses berita maupun menyampaikan pendapat. Sebagai pembaca tentu kita harus mampu menyaring semua informasi tersebut, mencari perbandingan yang cukup dari sumber lain, mengolah serta menyimpulkan secara obyektif. Lebih dari itu, tak ada salahnya untuk kita menyempatkan dalam memahami pengertian artikel itu sendiri, definisi serta contoh-contohnya supaya dikemudian hari saat dihadapkan dengan beraneka bacaan, kita mampu mensikapi dengan bijak apa saja intisari serta pesan dari bacaan tersebut.

Berkaitan hal ini serta sesuai tema kita, berikut ini adalah ulasan mengenai pengertian, jenis-jenis dan contoh artikel terbaru yang telah kami rangkum untuk Anda sekalian.

Dalam kaidah jurnalistik, artikel mempunyai arti serta definisi yang beragam. Secara umum pengertian dari artikel adalah: Tulisan yang berisi tentang ide, pendapat maupun fakta yang disusun sedemikian-rupa untuk disebarluaskan ke media masa, dengan tujuan meyakinkan, mengkritisi mendidik atau menghibur.

Dari pengertian artikel tersebut, selanjutnya dapat dikelompokkan jenis-jenis artikel sesuai isinya, yaitu :

Artikel Eksploratif
Artikel atau tulisan yang berisi ungkapan dari fakta-fakta menurut sudut pandang si penulis

Contoh artikel Eksploratif : Makalah penelitian

Artikel Eksplanatif
Adalah tulisan yang dibuat untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hal kepada pembaca menurut berbagai sudut pandang, terutama dari sudut penulisnya

Contoh artikel Eksplanatif : Buku berjudul “3 Ciri Pribadi Sukses” oleh (Kevin Wu. Gatra, 16 Maret 2011), serta buku-buku sejenisnya yang lain

Artikel Deskriptif
Artikel atau tulisan yang disusun untuk menggambarkan sebuah permasalahan yang sedang terjadi dalam masyarakat

Contoh artikel Deskriptif : Berita tentang aksi tawuran antar kampung

Artikel  Prediktif
Artikel yang memuat tentang sesuatu yang sifatnya akan atau belum terjadi, menurut analisa si penulis

Contoh artikel Prediktif : Prakiraan cuaca, Prediksi skor (hasil) pertandingan sepakbola

Artikel Preskriptif
Artikel yang berisi tuntunan atau panduan kepada pembaca tentang kegiatan atau aktifitas tertentu

Contoh artikel Preskriptif : Tutorial memasak, Panduan daftar Email, dll

Itulah tadi sedikit ulasan kami mengenai pengertian, jenis-jenis dan contoh artikel terbaru yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga apa yang kami uraikan di atas dapat menambah wawasan kita semua. Bagi Anda yang tengah mengerjakan sebuah tugas dengan topik terkait semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.