Teknologi Informasi

Informasi handphone, laptop, tablet, kamera, otomotif dan artikel teknologi terbaru

Opera Mini untuk Android - Browser Sejuta Umat


Browser Opera Mini terbaru untuk Android - Bila kita amati dengan seksama, pengakses internet lewat ponsel dewasa ini melonjak cukup tinggi. Para netters tersebut berinternet via browser bawaan yang telah disematkan pada HP kesayangan mereka maupun melalui aplikasi pihak ke-tiga seperti Opera Mini serta UCweb, dua peramban mobile yang tengah populer di dunia saat ini. Android sendiri merupakan platform terbuka yang memungkinkan kita untuk menikmati beragam aplikasi yang bisa di download gratis/free. Melalui Google Play program-program pembantu tersebut dapat di unduh dengan mudah. Anda hanya membutuhkan jaringan internet untuk kemudian masuk ke alamat resminya.

Download Opera Mini Android Terbaru Gratis

Secara teknis browser berfungsi untuk membaca dokumen yang tersimpan pada server ataupun perangkat berbasis komputer/ponsel yang terhubung jaringan internet. Pada awal kemunculannya program ini di desain untuk komputer dengan produk-produk seperti Internet Explorer, Opera, Firefox dll. Pasca munculnya teknologi terbaru ‘General Packet Radio Switch’ atau lebih di kenal GPRS yang sanggup menyalurkan paket data ke handphone, kini browser juga telah diciptakan untuk HP yang salah-satu produknya adalah Opera Mini. Sejatinya di dalam HP yang mendukung WAP, GPRS, HTML atau xHTML telah disertakan fasilitas berupa browser bawaan untuk akses internet (ikon globe di desktop) dari pabrikannya. Akan-tetapi dengan spesifikasi standar browser bawaan pabrik terkadang kurang mampu untuk membuka suatu halaman pada situs-situs tertentu. Dalam kondisi seperti ini dibutuhkan aplikasi browser dari pihak ke-tiga seperti Opera Mini, UCweb dll.

Selain Opera Mini terbaru untuk Android aplikasi browser ini juga mendukung platform lain yang juga telah populer seperti Java, Symbian, Windows Mobile, iOS serta Blackberry. Bahkan dalam beberapa produknya didapati vendor-vendor kenamaan layaknya Samsung, Nokia, Sony dll telah menggandeng Opera Mini untuk dijadikan browser utama ke dalam ponselnya. Antara browser bawaan dan Opera Mini terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Kelebihan Opera Mini adalah program ini mampu mengompres (kompres) data atau dipadatkan terlebih dahulu sebelum akhirnya di kirim ke HP. Dengan kemampuannya tersebut ukuran data menjadi lebih kecil yang tentu akan lebih murah biayanya. Kecepatan dalam setiap aksesnya juga lebih baik, akan beda hasilnya dengan browser bawaan yang tidak mempunyai kemampuan seperti itu.

Dari segi tampilan dan pengoperasian diantara keduanya juga memiliki perbedaan. Bila browser bawaan mempunyai menu serta fasilitas yang berbeda-beda pada setiap HP, seperti Bookmark, History, Setting dll karena memang menyesuaikan spesifikasi HP yang mengusungnya. Lain halnya dengan Opera Mini yang baik cara pengoperasian, tampilan serta menu semuanya sama meski berbeda merk, dengan catatan masih dalam satu versi. Sebagai contoh adalah Operamini versi 4.2. Mau di dalam HP Samsung atau Nokia fitur-fiturnya akan tetap sama.

Opera Mini sendiri adalah browser peramban versi ponsel yang merupakan pengembangan dari Opera (versi komputer/laptop). Hanya dibedakan oleh satu kata saja yaitu ‘Mini’. Pasca kemunculannya di tahun 2005, yang merupakan masa dimana trend akses internet via ponsel mulai merebak, sejak saat itu hingga kini Opera Mini menjadi browser yang terpopuler digunakan oleh masyarakat dunia. Aplikasi ini tetap tak bergeming saat developer lain ikut menciptakan program serupa, Opera Mini selalu menjadi pilihan pertama para vendor-vendor terkemuka dengan dukungan di hampir semua sistem operasi pada handphone saat ini. Termasuk adalah Opera Mini untuk HP Android, yang bisa Anda download gratis lewat link yang akan kami berikan di bawah nanti.

Sampai saat artikel ini diterbitkan telah banyak versi dari Opera Mini diluncurkan yang telah mendukung semua platform, termasuk HP Android. Jenis Operamini yang dirancang khusus untuk pemegang ponsel Android bisa didapatkan melalui download di Google Play Store. Aplikasi gratis ini akan menyuguhkan 3 fitur andalan yang akan memanjakan penggunanya yakni Off-Road, Discover serta Privat Browser Tab. Penampilan pada Opera browser ini lain dari Opera Mini dan telah memanfaatkan teknologi Chromium. Penasaran ingin mencobanya? Silahkan menuju link dibawah ini.

Download Opera Mini untuk Android

Klik tautan di atas langsung dari gadget Android Anda, kemudian ikuti intruksi selanjutnya sampai proses download dan instal selesai. Selamat berselancar di dunia maya!